Atur Pemesanan
  • Tiket Bus
  • Ubah Jadwal
  • Tunjukkan Tiket Saya
  • Email/SMS
Currency
  • Rp. Indonesia Rupiah
Language
  • English
  • Bahasa Indonesia

Bus Semarang ke Purwokerto

Bus dari Semarang ke Purwokerto

Kota yang relatif kecil tapi sibuk di provinsi Jawa Tengah, Purwokerto adalah kota asal banyak pahlawan nasional seperti Jenderal Sudirman, Jenderal Gatot Soebroto, Soepardjo Roestam dan lain-lain, yang juga merupakan titik perhubungan strategis yang menghubungkan beberapa kota besar di Jawa; Jakarta, Bandung, Semarang, Cirebon, Yogyakarta, dan Surabaya. Kota ini terletak di kaki Gunung Slamet dan merupakan akses utama ke gunung berapi tertinggi di Jawa Tengah tersebut. Berkat situasi alam tersebut dan iklimnya yang sejuk, Purwokerto merupakan salah satu kota terbaik di Jawa untuk berlibur dan beristirahat sejenak dari pekerjaan sehari-hari. Daya tarik lainnya dari kota ini adalah kulinernya yang khas seperti soto Purwokerto, mendoan, dan gudeg, serta objek wisata menawan seperti Baturaden, berbagai wisata pancuran dan gua, serta tentunya pendakian Gunung Slamet.

Jarak ke Purwokerto dari kota Semarang adalah sekitar 213 km. Waktu tempuh bus travel Semarang Purwokerto adalah 5 jam jika melalui rute normal melalui Kendal, atau 4 jam jika melalui rute jalan tol melalui Tegal. Umumnya, bus rute ini berhenti sekali di tengah perjalanan untuk memberi kesempatan penumpang beristirahat.

Daftar Operator Bus Semarang Purwokerto

Rute bus Semarang Purwokerto dilayani oleh banyak operator bus, antara lain:

  • Aragon Shuttle
  • Nusantara Transindo
  • Joglosemar
  • Safari Travel
  • Qyta Trans
  • Sumber Alam
  • Sindoro Satriamas

Joglosemar dan Safari Travel mengambil jalur langsung, sedangkan Qyta Trans, Sumber Alam, Sindoro Satriamas, dan Nusantara mengambil jalur tidak langsung. Rata-rata operator menjadwalkan keberangkatan bus setiap 2-3 jam sekali, tergantung pada kapasitas bus dan jadwal harian. Sementara, Joglo Semar dan Qyta Trans mengoperasikan bus shuttle setiap jam; bus pertama berangkat pada pukul 04.00 pagi dan yang terakhir pada pukul 07.00 malam.

Harga tiket bus untuk travel Semarang Purwokerto adalah sekitar Rp70.000-110.000 untuk bus shuttle dan Rp50.000 untuk bus satu arah. Layanan bus super premium tidak tersedia untuk rute ini, yang beroperasi adalah bus reguler.

Titik Keberangkatan dan Titik Penurunan

Titik keberangkatan dari Semarang adalah Terminal Sukun dan Banyumanik, yang juga merupakan tempat keberangkatan ke rute pendek lainnya menuju Solo dan Yogyakarta. Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan BRT (Bus Rapid Transit) atau taksi online. Sedangkan, titik penurunan penumpang di Purwokerto adalah Terminal Purwokerto atau di kota itu sendiri. Dari situ, Anda bisa memanfaatkan jasa taksi online untuk menuju tempat tujuan Anda.

Fasilitas Sepanjang Rute Bus Semarang Purwokerto

Operator-operator bus yang melayani rute ini menawarkan fasilitas untuk menjaga keamanan dan kenyamanan Anda selama perjalanan. Ini mencakup AC, kursi yang bersih, TV LED, dan lain-lain.

Hal-hal yang Bisa Dilakukan di Purwokerto

Banyak objek pariwisata menarik di Purwokerto dan sekitarnya, terutama yang bersifat ekoturisme. Beberapa pilihan di antaranya adalah:

  • Baturraden Adventure Forest: Hutan wisata ini cocok bagi pecinta alam yang ingin berekreasi dengan kemping dan trekking di area hutan, sungai, dan lembah. Tempat ini juga cocok bagi yang ingin mengadakan kegiatan outdoor semacam kemping dan team building.
  • Pancuran Telu Baturraden: Masih terletak di kawasan Baturraden yang memang merupakan objek pariwisata penting di Purwokerto, pancuran ini memiliki ciri khas berupa curahan air hangat dari tiga pancuran berbeda. Bagi yang tertarik mengunjunginya, pancuran ini hanya dibuka untuk umum pada waktu-waktu tertentu, yaitu Senin malam dan Kamis malam.
  • Gua Sarabadak: Gua ini berlokasi di tebing-tebing sekitar Pancuran Pitu. Konon, gua ini dahulu merupakan tempat bertapa para sunan dan memiliki keindahan khas berupa bebatuan yang berwarna emas. Pengunjung hanya diperbolehkan mengagumi keindahan gua ini dari luarnya tanpa masuk ke dalamnya karena faktor keamanan, tetapi itu pun tidak mengurangi pengalaman unik bertamasya melihat gua ini.
  • Taman Miniatur Dunia (Small World): Tempat rekreasi ini memiliki konsep unik dengan menampilkan bangunan-bangunan paling terkenal di dunia dalam bentuk miniatur. Di antaranya terdapat miniature Menara Eiffel, Twin Tower, Big Ben, Patung Merlion, dan masih banyak lagi yang bisa dikunjungi wisatawan sambil menunggu kesempatan untuk melihat yang aslinya suatu saat nanti.
  • The Village Purwokerto: Tempat ini berlokasi di Jalan Raya Baturraden dan dirancang dengan gaya arsitektur khas Belanda. Dengan mengendarai odong-odong, pengunjung bisa melihat-lihat wilayah sekitar area rekreasi yang dikelilingi tembok batu bernuansa klasik ini, mengunjungi kandang kelinci dan sapi, naik kuda, dan lain-lain.

Kunjungi www.redbus.id atau unduh aplikasi resmi redBus untuk mendapatkan penawaran dan diskon eksklusif.

Penafian: Jadwal, rute, dan harga tiket bus dapat berubah. Periksa informasi terkini di aplikasi atau situs web redBus. 


Jaminan Redbus

  • Harga Terbaik
    Harga terbaik dengan banyak diskon luar biasa
  • Pembayaran Mudah
    Bayar menggunakan Transfer Bank, Kartu Kredit, Alfamart & Go-Pay
  • Banyak Pilihan Armada
    100+ Perusahaan otobus dan shuttle & 2000+ Rute
  • Trusted Brand
    Digunakan Lebih dari 17 juta customer di seluruh Dunia
OPERATOR BUS TERBAIK
  • Aragon shuttle
  • Nusantara Transindo

Jadwal & Harga Tiket Bus Semarang ke Purwokerto

Operator Bus Bus Pertama Bus Terakhir Durasi  
Aragon shuttle 01:00 19:00 38 jam 45 minits LIHAT HARGA
Nusantara Transindo 06:30 14:00 6 jam 15 minits LIHAT HARGA

POIN BOARDING & DROPPING LAINNYA DI

Semarang

  • Semarang
  • Jalan Sukun Raya
  • Bawen

Purwokerto

  • Kantor Purwokerto

FAQs

Q-1 ) Bagaimana cara memesan tiket bus secara online di Indonesia?

A: Anda dapat memesan bus pilihan Anda ke tujuan mana pun di Indonesia dengan masuk ke situs web redBus di redbus.id . Situs ini mudah digunakan, dan Anda hanya butuh beberapa menit untuk dapat memesan tiket bus.

Q-2 ) Bagaimana cara memesan bus dari Semarangke Purwokerto?

A: Anda dapat pergi ke terminal bus, lalu mengunjungi konter operator bus pilihan Anda, antre menunggu giliran, memilih tempat duduk, dan memesan tiket. Atau, Anda dapat mengunjungi redbus.id dan memesan tempat duduk dalam 5 menit.

Q-3 ) Apakah saya perlu mencetak tiket saya sebelum naik bus?

A: Ada dua kemungkinan. Pertama, jika titik keberangkatan ada di terminal mana pun di Indonesia, Anda harus mencetak dan menunjukkan tiket bus yang telah dikirim ke email dalam format PDF. Kedua, jika titik keberangkatan ada di halte bus, bukan terminal, maka Anda akan menerima M-ticket yang harus ditunjukkan sebelum naik ke bus. Jika operator tidak mengirimkan M-ticket, Anda harus mencetak dan menunjukkan tiket PDF yang telah dikirim ke email ID terdaftar yang Anda gunakan untuk memesan tiket bus di situs web redBus. Beberapa operator mungkin mengenakan biaya tambahan bila Anda tidak melakukan hal tersebut.

Q-4 ) Apakah saya bisa mengubah jadwal perjalanan saya setelah memesan tiket?

A: Bisa. Tetapi, fitur ini terbatas hanya untuk beberapa operator bus di Indonesia. Sebelum memesan tiket, cek apakah ada simbol ubah jadwal.

Q-5 ) Bagaimana cara membayar tiket bus di situs web redBus?

A: Ada berbagai metode pembayaran yang ditawarkan. Pelanggan dapat membayar dengan kartu kredit, kartu debit, atau dapat memilih salah satu bank yang ada di daftar ketika Anda mengklik FPX (Transfer Bank Online Indonesia).



Apakah Anda ingin keluar dari Alur perubahan jadwal?

¡