Atur Pemesanan
  • Tiket Bus
  • Ubah Jadwal
  • Cetak/Unduh
  • Email/SMS
Currency
  • Rp. Indonesia Rupiah
Language
  • English
  • Bahasa Indonesia

Bus Bandung ke Sukabumi

Bus dari Bandung ke Sukabumi

Sukabumi adalah salah satu destinasi lokal di Indonesia yang wajib dikunjungi pecinta wisata alam. Terletak di provinsi Jawa Barat, kota ini memiliki akses ke area gunung, danau, dan curug yang menawarkan keindahan menawan khas alam Indonesia, seperti kawasan Situ Gunung yang tersohor. Sejak zaman kolonial Belanda, kota Sukabumi juga merupakan salah satu wilayah dengan perkembangan paling pesat di provinsi Jawa Barat. Lokasinya yang strategis dan sejarah perkebunan tehnya menjadi faktor pendorong Sukabumi untuk menjadi pusat perekonomian yang menarik para pendatang dari luar. Dengan kondisi iklim yang relatif lebih sejuk dibandingkan wilayah sekitarnya, Sukabumi pun mampu membuat betah para turis maupun pendatang yang ingin singgah dan mengagumi keindahan alam di sekitarnya.

Travel Bandung Sukabumi via Cianjur berjarak 97,9 km. Normalnya, jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 3-4 jam. Namun, pada waktu tertentu pada pagi atau sore hari, perjalanan dapat memakan waktu sekitar 30 menit lebih lama karena arus lalu lintas menuju pabrik yang banyak terdapat di wilayah perjalanan. Sewaktu masa liburan atau high season, waktu tempuh juga bisa mencapai 5 jam karena rute ini banyak dipakai wisatawan sebagai rute alternatif menuju kawasan wisata Puncak, Bogor.

Daftar Operator Bus Bandung Sukabumi

Perusahaan Otobus (PO) yang melayani rute bus Bandung Sukabumi adalah:

  • MGI

Harga rata-rata untuk tiket rute travel Bandung Sukabumi adalah antara Rp70.000-95.000,-. Harga tersebut bisa meningkat 50-100% pada musim puncak liburan. Perusahaan otobus (PO) terbaik yang menyediakan rute ini adalah MGI, dengan jadwal bus Bandung Sukabumi dari pukul 05.00 pagi untuk keberangkatan pertama hingga pukul 20.00 malam untuk keberangkatan terakhir. Bus MGI tersedia setiap hampir 30 menit sekali pada pagi dan sore, dan sejam sekali untuk waktu lainnya.

  • Siliwangi Trans
  • F-Trans

Titik Keberangkatan dan Titik Penurunan

Titik keberangkatan utama untuk bus Bandung Sukabumi adalah Terminal Leuwi Panjang di Bandung, sedangkan titik penurunan penumpang di Sukabumi adalah Terminal KH Ahmad Sanusi. Waktu ideal untuk bepergian adalah pada pagi atau sore hari, tetapi Anda juga bisa bepergian pada malam hari dengan menggunakan layanan Siliwangi Trans pada pukul 20.00 atau paling malam, F-Trans pada pukul 22.15.

Anda bisa mencapai Terminal Leuwi Panjang secara mudah dengan menggunakan angkutan kota (angkot) atau layanan ojek daring.

Fasilitas Sepanjang Rute Bandung-Sukabumi

PO yang melayani rute jadwal bus Bandung Sukabumi biasanya tidak akan berhenti di rest area mana pun, sehingga pastikan Anda sudah ke kamar kecil dan menyiapkan makanan minuman ringan atau kebutuhan lainnya sebelum melakukan perjalanan.

Hal-hal yang Bisa Dilakukan di Sukabumi

Sukabumi banyak menawarkan atraksi wisata menarik jika Anda menyukai wisata alam atau petualangan. Untuk mencapai beberapa tempat tersebut, Anda memang harus menaiki kendaraan lain karena posisinya cukup jauh dari tengah kota, tapi dijamin Anda tidak akan menyesal saat sudah mengunjungi tempat-tempat berikut:

  • Situ Gunung: Kawasan ini menawarkan berbagai objek wisata alami dan buatan seperti danau, gunung, dan jembatan gantung terpanjang di seluruh Asia Tenggara. Cocok untuk wisata kemping, rekreasi alam, maupun outbound, tempat ini adalah salah satu destinasi wisata paling populer di pulau Jawa.
  • Karang Aji Beach Villa: Salah satu pilihan menginap paling menarik di Pelabuhan Ratu, villa Karang Aji menyediakan pelayanan yang ramah dan fasilitas modern. Pelabuhan Ratu sendiri menyajikan panorama khas yang merupakan perpaduan indah dari pantai, karang, dan pemandangan matahari terbenam.
  • Danau Bacan: Salah satu danau paling cantik di kawasan Jawa Barat dengan warna hijau airnya yang khas. Objek wisata ini masih tergolong baru karena airnya berasal dari hujan semata, yang turut menjadi keunikan tersendiri.
  • Curug Luhur Cigangsa: Air terjun yang menawarkan dua pemandangan menawan dari puncak maupun dari bawah air terjun. Selain air terjunnya sendiri, pepohonan hijau khas alam Sukabumi dan dinding bebatuan alami turut menjadi daya tarik dari kawasan ini.
  • Kampung Ciptagelar: Salah satu kampung adat yang sangat terbuka bagi pengunjung dan wisatawan. Di sini, Anda bisa menjalani wisata alam maupun budaya di tengah masyarakat yang masih menjunjung tinggi adat istiadat setempat dengan arsitektur rumah dan warisan budaya lainnya yang amat khas.
  • Pantai Cicaladi: Dikenal juga dengan sebutan Pantai Karang Bolong, pantai ini berjarak 30 km dari Ujung Kulon. Walau wisatawan dilarang berenang karena ketinggian ombaknya, Anda tetap dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dan keelokan bukit rerumputan luas dengan karang bolong dan tebing tinggi di sekitar.

Kunjungi www.redbus.id atau unduh aplikasi resmi redBus untuk mendapatkan penawaran dan diskon eksklusif.


Penafian: Jadwal, rute, dan harga tiket bus dapat berubah. Periksa informasi terkini di aplikasi atau situs web redBus.


Gambar Teratas


    Jaminan Redbus

    • Harga Terbaik
      Harga terbaik dengan banyak diskon luar biasa
    • Pembayaran Mudah
      Bayar menggunakan Transfer Bank, Kartu Kredit, Alfamart & Go-Pay
    • Banyak Pilihan Armada
      100+ Perusahaan otobus dan shuttle & 2000+ Rute
    • Trusted Brand
      Digunakan Lebih dari 17 juta customer di seluruh Dunia
    OPERATOR BUS TERBAIK
    • MGI

    Jadwal & Harga Tiket Bus Bandung ke Sukabumi

    Operator Bus Bus Pertama Bus Terakhir Durasi  
    MGI 05:00 17:00 5 jam 0 minits LIHAT HARGA

    POIN BOARDING & DROPPING LAINNYA DI

    Bandung

    • Terminal Leuwi Panjang

    Sukabumi

    • Terminal Sukabumi Baru

    FAQs

    Q-1 ) Bagaimana cara memesan tiket bus secara online di Indonesia?

    A: Anda dapat memesan bus pilihan Anda ke tujuan mana pun di Indonesia dengan masuk ke situs web redBus di redbus.id . Situs ini mudah digunakan, dan Anda hanya butuh beberapa menit untuk dapat memesan tiket bus.

    Q-2 ) Bagaimana cara memesan bus dari Bandungke Sukabumi?

    A: Anda dapat pergi ke terminal bus, lalu mengunjungi konter operator bus pilihan Anda, antre menunggu giliran, memilih tempat duduk, dan memesan tiket. Atau, Anda dapat mengunjungi redbus.id dan memesan tempat duduk dalam 5 menit.

    Q-3 ) Apakah saya perlu mencetak tiket saya sebelum naik bus?

    A: Ada dua kemungkinan. Pertama, jika titik keberangkatan ada di terminal mana pun di Indonesia, Anda harus mencetak dan menunjukkan tiket bus yang telah dikirim ke email dalam format PDF. Kedua, jika titik keberangkatan ada di halte bus, bukan terminal, maka Anda akan menerima M-ticket yang harus ditunjukkan sebelum naik ke bus. Jika operator tidak mengirimkan M-ticket, Anda harus mencetak dan menunjukkan tiket PDF yang telah dikirim ke email ID terdaftar yang Anda gunakan untuk memesan tiket bus di situs web redBus. Beberapa operator mungkin mengenakan biaya tambahan bila Anda tidak melakukan hal tersebut.

    Q-4 ) Apakah saya bisa mengubah jadwal perjalanan saya setelah memesan tiket?

    A: Bisa. Tetapi, fitur ini terbatas hanya untuk beberapa operator bus di Indonesia. Sebelum memesan tiket, cek apakah ada simbol ubah jadwal.

    Q-5 ) Bagaimana cara membayar tiket bus di situs web redBus?

    A: Ada berbagai metode pembayaran yang ditawarkan. Pelanggan dapat membayar dengan kartu kredit, kartu debit, atau dapat memilih salah satu bank yang ada di daftar ketika Anda mengklik FPX (Transfer Bank Online Indonesia).



    Apakah Anda ingin keluar dari Alur perubahan jadwal?

    ¡