Libur Nyepi

Cari Tiket Bus

(Opsional)

Libur Nyepi

Nyepi merupakan hari raya tahunan umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Saka atau kalender Hindu. Nyepi berasal dari kata sepi atau ‘sunyi’, ‘senyap’. Dalam agama Hindu, Hari Raya Nyepi dipercaya jatuh pada hitungan Tilem Kesanga yang merupakan hari penyucian para dewa. Pada Hari Nyepi, umat Hindu melaksanakan tapa brata penyepian yang meliputi tidak menyalakan api (amati geni), tidak melakukan kegiatan (amati karya), tidak bepergian (amati lelungan), dan tidak bersenang-senang (amati lelanguan). Hari Raya Nyepi ditujukan agar manusia berdoa kepada Tuhan untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia) dan Bhuana Agung (alam semesta).

Sejarah

Ribuan tahun yang lalu, negeri India yang merupakan tempat asal agama Hindu diperebutkan banyak suku yang saling bertikai untuk mendapatkan kekuasaan. Dari pertikaian panjang tersebut, suku Saka yang dipimpin Kanishka akhirnya menjadi pemenang. Ia pun dinobatkan sebagai raja pada tahun 78 Masehi yang menjadi awal tahun baru atau tahun 1 Saka. Bulan pertama Tahun Saka disebut Caitramasa dan bersamaan dengan Maret dalam penanggalan Masehi dan Kesanga dalam penanggalan Jawa-Bali di Indonesia. Sejak saat itu, Tahun Baru Saka diperingati umat Hindu di dunia.

Di Indonesia, Tahun Baru Saka dirayakan dengan tradisi Nyepi di Bali, yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Saat Nyepi di Bali, tidak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum seperti bandara atau terminal bus. Hal tersebut berlangsung pada Hari Raya Nyepi setiap tahunnya, termasuk pada tahun mendatang Hari Raya Nyepi 2021 atau Nyepi 2021. Sebelum Hari Raya Nyepi, terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu. Tiga atau dua hari sebelum Nyepi, umat Hindu melakukan upacara Melasti atau penyucian diri dan sarana persembahyangan di pantai atau danau. Satu hari sebelum Hari Nyepi, umat Hindu melakukan upacara Bhuta Yadnya yang terbagi atas Mecaru (memberikan sesajian) dan Pengerupukan, yaitu membakar benda-benda tertentu untuk mengusir Batara Kala, yang dipercaya sebagai sumber keburukan, dari lingkungan rumah. Pada Hari Nyepi, seluruh umat melakukan Nyepi selama 24 jam. Pada Nyepi hari kedua, umat Hindu melakukan Ngembak Geni dengan saling mengunjungi dan meminta maaf sehingga kembali dalam kondisi bersih dan suci pada tahun berikutnya, yaitu Hari Raya Nyepi 2021 atau Nyepi 2021.

Kota-kota Penting

Hari Raya Nyepi dirayakan dengan berbagai tradisi unik di beberapa kota di Indonesia, seperti:

  • Denpasar (Bali): Nyepi di Bali berlangsung khidmat dengan ditutupnya segala fasilitas umum selama 24 jam. Sehari sebelum Nyepi, diadakan pawai Ogoh-ogoh yang merupakan representasi Buta Kala berbentuk patung raksasa besar dan menakutkan. Patung raksasa ini diarak keliling kota pada sore hari, sebelum akhirnya dibakar sebagai simbol hancurnya keburukan. Selain itu, ada pula tradisi Omed-omedan di Denpasar yang dilakukan satu hari sesudah Hari Raya Nyepi. Tradisi yang diikuti laki-laki dan perempuan yang belum menikah dan berusia 17—30 tahun ini diawali dengan sembahyang bersama. Lalu, keduanya dipisahkan dalam kelompok berbeda dan saling menarik hingga berpelukan serta mencium pipi sambil disirami air.
  • Boyolali: Umat Hindu di Boyolali menggelar upacara Mendak Tirtha atau Melasti untuk merayakan Tahun Baru Saka. Mendhak Tirtha adalah upacara keagamaan umat Hindu yang berlangsung di Umbul Siraman Dalem, Kompleks Umbul Pengging, Banyudono. Umat Hindu Boyolali menggunakan air suci dari umbul itu dalam pelaksanaan upacara Tawur Agung sebagai bagian dari rangkaian Nyepi.
  • Bandung: Umat Hindu Bandung merayakan Nyepi dengan mengunjungi Pura Wira Loka Natha di Cimahi. Di pura terbesar dan tertua di Jawa Barat itu, umat Hindu biasanya mengadakan ritual Melasti atau upacara penyucian diri menyambut Hari Nyepi. Selanjutnya, kegiatan akan dilanjutkan dengan upacara Taur Agung Kesanga dan Catur Brata Penyepian.
  • Malang: Umat Hindu Malang melakukan ritual Jalani Dhipuja atau Melasti di Pantai Balekambang yang terletak sekitar 60 kilometer dari pusat kota. Upacara Jalani Dhipuja rutin dilakukan tiga hari menjelang Hari Nyepi setiap tahunnya. Selain itu, umat Hindu Tengger di Gunung Bromo juga memperingati Nyepi sehingga kawasan wisata Bromo ditutup selama hari itu.
  • Lombok: Masyarakat Hindu di Lombok melaksanakan tradisi Perang Api menjelang Hari Raya Nyepi. Tradisi ini melibatkan dua kelompok pemuda yang saling menyerang menggunakan daun kelapa kering yang diikat dan disulut dengan api serta dihentikan ketika semua api telah padam. Api dipercaya sebagai alat mengusir roh-roh jahat menjelang perayaan Hari Nyepi.

Operator Bus

Banyak operator bus membuka rute ke Denpasar, Boyolali, Bandung, dan Malang seperti:

  • Lorena
    Alamat: Jl. K.H. Hasyim Ashari Dalam No. 15 C2, Gambir, Jakarta Pusat
    No. Telepon: (021) 6341166, (021) 6338866
    Harga Tiket: Rp650.000
    Fasilitas: AC, TV, selimut dan bantal, toilet, ruang merokok, reclining seat, personal TV, charging point.

  • Harapan Jaya
    Alamat: Jl. Mayor Sujadi No. 23 A, Tulungagung, Jawa Timur
    No. Telepon: (0355) 321620, 321624, 327575
    Harga Tiket: Rp200.000 (VIP AC), Rp235.000 (Executive Coach), Rp335.000 (Double Deck)
    Fasilitas: AC, TV, selimut dan bantal, musik, ruang merokok, toilet, reclining seat, air mineral, kudapan, charging point, lampu baca (VIP dan Executive), tisu wajah, WiFi, personal TV dan film, USB port (Double Deck).

  • Jackal Holidays
    Alamat: Jln. Dipatiukur No.26, Lebakgede, Coblong, Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia
    No. Telepon: (021) 50600678
    Harga Tiket: Rp75.000—Rp150.000
    Fasilitas: AC, captain seat, USB port, air mineral, CCTV.
     
  • Medali Mas
    Alamat: Jln. Taman Tenaga Baru IV/9, Blimbing, Malang, Jawa Timur 65126
    No. Telepon: (0341) 485023
    Harga Tiket: Rp310.000—Rp330.000
    Fasilitas: AC, TV, selimut dan bantal, reclining seat, air mineral, kudapan, lampu baca, charging point, USB port.

Kesimpulan

Meskipun Nyepi tahun ini telah berlalu, Anda masih dapat merasakan khidmatnya Nyepi pada tahun depan, yaitu Hari Raya Nyepi 2021 atau Nyepi 2021. Dapatkan paket Nyepi 2021 dengan beragam promo menarik melalui situs web atau aplikasi redBus untuk liburan Hari Raya Nyepi 2021 Anda. Rencanakan liburan Hari Raya Nyepi 2021 atau Nyepi 2021 dengan memilih kursi dan jadwal sesuai paket Nyepi 2021 Anda sendiri. Bahkan, Anda bebas memilih titik keberangkatan maupun penurunan sesuai kebutuhan liburan Nyepi 2021. RedBus menawarkan pembayaran tiket bersistem online melalui ATM atau internet banking sehingga liburan paket Nyepi 2021 Anda dijamin aman.

Pesanlah tiket bus Anda melalui redBus, dan rasakan kedamaian Hari Raya Nyepi 2021 atau Nyepi 2021 dalam suasana terbaik!

Top Rute yang bisa kamu pesan selama libur Nyepi dengan redBus