Paskah

Cari Tiket Bus

(Opsional)

Paskah

Paskah merupakan hari kebangkitan Yesus Kristus yang diperingati umat Kristiani setiap tahunnya. Perayaan ini identik dengan telur Paskah. Sebab itulah, mencari telur Paskah dan menghias telur Paskah menjadi acara wajib di banyak gereja, khususnya untuk anak-anak. Paskah biasanya dirayakan antara bulan Maret hingga April. Pada tahun depan, Paskah 2021 atau selamat Paskah 2021 dapat Anda ucapkan bertepatan dengan Minggu, 4 April. Di Indonesia, Paskah telah menjadi hari libur nasional jadi Anda harus bersiap-siap untuk mengucapkan selamat Paskah 2021 dan merencanakan liburan Paskah 2021 dengan nyaman.


Sejarah


Sejak abad ke-2 Masehi, Paskah telah menjadi hari raya penting bagi umat Kristiani. Pada hari Paskah, Yesus dipercaya bangkit dari kematiannya setelah disalib pada Jumat Agung atau dua hari sebelumnya. Umat Kristiani percaya bahwa Yesus disalibkan, wafat dan dikuburkan, lalu dibangkitkan pada hari Minggu Paskah. Peristiwa ini terjadi selama beberapa hari berturut-turut yang disebut Pekan Suci Paskah. Kebangkitan Yesus pada hari Paskah ini juga tercatat dalam Alkitab Injil, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru.


Telur Paskah dan menghias telur Paskah menjadi tradisi perayaan Paskah saat ini. Telur Paskah menjadi simbol kelahiran baru sekaligus penanda kebangkitan Yesus Kristus. Sebelum hari Paskah, telur tidak diperkenankan untuk dimakan. Telur dapat kembali disantap bersama-sama saat hari Paskah. Telur Paskah ini biasanya diwarnai merah atau warna cerah lain sebagai simbol Paskah sebagai masa suka cita. Para orang tua biasanya memberikan serta mengizinkan anak-anaknya menghias telur Paskah. Telur Paskah yang bewarna-warni ini biasanya digunakan sebagai mainan sekaligus hadiah untuk anak-anak. Ada pula jamuan makan daging domba serta mengirim kartu ucapan Paskah yang menjadi simbol sekaligus arti Paskah yang penuh kebahagiaan.


Kota-kota Penting


Di Indonesia, perayaan Paskah kerap dihiasi berbagai tradisi unik yang tentunya dapat Anda kunjungi pada liburan Paskah 2021 mendatang. Banyak kota di Indonesia yang memiliki tradisi unik perayaan Paskah, di antaranya:


  • Jakarta: Umat Kristiani Kampung Sawah dan Kampung Tugu di Jakarta memiliki tradisi unik perayaan Paskah. Di Kampung Sawah, umat Kristiani merayakan hari Paskah dengan mengenakan pakaian khas Betawi sebagai bentuk identitas budaya asli mereka. Sementara itu, masyarakat Kampung Tugu memperingati Paskah dengan tradisi Rabo-rabo berupa kebaktian dan pertunjukan musik keroncong di gereja pada Minggu Paskah.
  • Kulon Progo (Yogyakarta): Umat Kristiani Yogyakarta merayakan Minggu Paskah dengan berziarah ke Gua Maria Sendangsono. Setelah berdoa di depan patung Bunda Maria, umat biasanya membasuh muka di mata air yang dianggap sakral.
  • Wonogiri: Tradisi hari Paskah umat Kristiani Wonogiri bernama Jalan Salib. Sesuai namanya, arak-arakan berupa aksi teatrikal penyaliban Yesus diadakan sambil mendaki bukit bernama Gunung Gandul untuk merenungi arti Paskah bagi umat manusia.
  • Palangkaraya: Memento Mori yang berarti ‘Ingatlah Kematian’ merupakan tradisi ziarah kubur hari Paskah yang dilakukan umat Kristiani Kalimantan Tengah. Masyarakat biasanya akan menginap, berdoa, dan menyalakan lilin di makam anggota keluarganya pada hari Sabtu. Keesokan harinya atau Minggu Paskah, mereka pun pergi ke gereja untuk melaksanakan kebaktian.
  • Nusa Tenggara Timur: Masyarakat Nusa Tenggara Timur mempunyai dua tradisi unik hari Paskah yang telah mendunia, yaitu Semana Santa dan Kure. Dalam Semana Santa, patung Tuan Ma atau Bunda Maria dan Patung Tuan Ana atau Yesus Kristus dimandikan, lalu dipakaikan jubah berwarna biru sebelum diarak berkeliling Larantuka, Kabupaten Flores Timur. Sementara itu, tradisi Paskah Kure yang dilakukan masyarakat Kote di Kabupaten Timor Tengah Utara diawali dengan memetik hasil kebun, lalu membersihkan benda-benda suci yang bersejarah seperti salib, patung Bunda Maria, dan patung Yesus. Arti Paskah pun semakin khidmat ketika masyarakat Kote mengunjungi makam keluarganya untuk berdoa.

Operator Bus

Sebagai referensi liburan Paskah 2021 Anda, berikut ini beberapa operator bus yang membuka rute ke Kulon Progo, Wonogiri, dan Palangkaraya.


  • Sinar Jaya
    Alamat: Jalan Cikedokan, Cibitung, Bekasi, 17530
    No. Telepon: (021) 8832 55502
    Harga tiket: Rp170.000
    Fasilitas: AC, TV, charging point, nomor kontak darurat, toilet, reclining seat, USB port.
  • Putera Mulya
    Alamat: Jalan Raya Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah
    No. Telepon: 0812-1368-0000
    Harga tiket: Rp210.000—Rp225.000
    Fasilitas: AC, toilet, TV, reclining seat, ruang merokok, kompartemen bagasi, USB port, kudapan, selimut, bantal, minuman.
  • PT Yassoe Travel (Yessoe Travel)
    Alamat: Jalan Banda No. 7, Palangkaraya, Kalimantan Tengah
    No. Telepon: (0536) 3221436
    Harga tiket: Rp100.000—Rp150.000
    Fasilitas: AC, TV, reclining seat.

Ucapan selamat Paskah 2021 terasa lebih khidmat dengan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman atau mewujudkan liburan. Ingin mengucapkan selamat Paskah 2021 sambil berlibur dengan nyaman? Agar liburan Paskah 2021 Anda lebih hemat, pesanlah tiket melalui redBus. Dapatkan banyak promo menarik melalui situs web atau aplikasi redBus. Anda bebas memilih tempat duduk dan jadwal perjalanan sesuai kebutuhan liburan Paskah 2021 mendatang. Tak perlu khawatir mengenai pembayaran! Karena tersistem online, redBus menjamin pembelian tiket secara mudah dan aman.

Kini Anda pun dapat menghadirkan suasana selamat Paskah 2021 dalam perjalanan yang mengasyikkan. Pesan tiket Anda di redBus sekarang, dan bersiaplah mengucapkan selamat Paskah 2021 dalam kedamaian dan kegembiraan!

Top Rute yang bisa kamu pesan selama libur Paskah dengan redBus