Jumat Agung

Cari Tiket Bus

(Opsional)

Jumat Agung

Setiap tahun, umat Kristiani memperingati Jumat Agung Paskah atau biasa dikenal Jumat Agung. Disebut Jumat Agung karena biasanya dirayakan pada hari Jumat sebelum Paskah, yang juga merupakan salah satu hari raya utama agama Kristen. Jumat Agung atau Good Friday merupakan hari untuk mengenang penyaliban dan wafatnya Yesus Kristus. Pada Hari Jumat Agung, umat Kristen melakukan ibadah puasa untuk merenungi kematian Yesus Kristus yang dimaknai sebagai pengorbanan-Nya dalam menyelamatkan manusia. Bersama Kamis Putih dan Minggu Paskah, Hari Jumat Agung menjadi satu bagian dari Tri Hari Suci yang diperingati umat Katolik maupun Protestan. Di berbagai negara termasuk Indonesia, perayaan Jumat Agung menjadi hari yang sakral sekaligus momen liburan dan berkumpul bagi keluarga. Pada tahun ini dan tahun 2021 mendatang, Jumat Agung jatuh pada bulan April.

Sejarah

Jumat Agung adalah hari terjadinya peristiwa penting dalam sejarah agama Kristen. Hari Jumat dianggap sebagai hari baik karena merupakan hari Tuhan—dari God Friday menjadi Good Friday. Lalu, pada hari Jumat sekitar tahun 30 sampai 34 M, Yesus ditangkap serta disiksa oleh orang-orang bangsa Romawi. Yesus pun wafat di kayu salib. Untuk mengenang kematian Yesus inilah, umat Kristiani di seluruh dunia mengadakan perayaan Jumat Agung. Bagi umat Kristiani, Jumat Agung adalah momen untuk memaknai pengorbanan Yesus dengan beribadah dan berpuasa. Selain itu, gereja biasanya mengadakan ritual Jalan Salib berupa aksi teatrikal perjalanan Yesus ketika akan disalib di Bukit Golgota. Di Indonesia, Paskah Jumat Agung atau Jumat Agung adalah hari libur nasional yang tentunya cocok Anda agendakan sebagai momen liburan yang penuh makna.

Kota-kota Penting

Banyak kota di Indonesia yang memiliki tradisi unik perayaan Jumat Agung. Berikut di antaranya:

  • Jakarta: Umat Kristiani Jakarta biasanya merayakan Paskah Jumat Agung di Katedral Jakarta untuk umat Katolik dan Gereja Immanuel untuk umat Protestan. Pada pagi hari, diadakan ibadah Jumat Agung di kedua tempat tersebut. Kebaktian Paskah Jumat Agung juga diselenggarakan pada petang harinya. Selain itu, aksi teatrikal prosesi jalan salib dan wafatnya Yesus dilakukan para pemuda gereja sehingga ibadah Jumat Agung Paskah pun makin khidmat.
  • Wonogiri: Seperti perayaan Good Friday lainnya di luar negeri, umat Kristiani Wonogiri mengenal tradisi jalan salib di Gunung Gandul. Masyarakat melakukan arak-arakan aksi teatrikal penyaliban Yesus pada Hari Jumat Agung. Dalam prosesi ini, jemaat yang mengiringi ikut berdoa di lima pemberhentian Jalan Salib di Gunung Gandul sepanjang satu kilometer.
  • Yogyakarta: Tradisi Jumat Agung Paskah di Yogyakarta adalah berziarah di Gua Maria Sendangsono. Gua yang terletak di Kulon Progo ini selalu dipadati umat Kristiani untuk berdoa dan mengikuti prosesi jalan salib pada Jumat Agung. Umat Kristiani juga biasanya mengambil air untuk membasuh muka atau meminumnya di Tirta Wening Banyu Panguripan, mata air yang dipercaya memiliki keberkahan.
  • Kediri: Umat Kristiani Kediri merayakan Jumat Agung dengan prosesi Jalan Salib di Gua Puhsarang. Ratusan umat Katolik menyusuri sekitar 15 perhentian di Gereja Puhsarang sejauh 1,5 kilometer untuk meneladani pengorbanan Yesus pada Jumat Agung Paskah.
  • Larantuka: Kota di Nusa Tenggara Timur ini memiliki tradisi perayaan Jumat Agung Paskah yang telah mendunia, yang bernama Semana Santa. Salah satu ritualnya bernama Sesta Vera, yaitu pengusungan replika tubuh Yesus lewat prosesi jalan salib, sebelum akhirnya dilarung di perairan Larantuka pada hari Jumat.

Operator Bus

Beerikut ini beberapa operator bus yang membuka rute ke Wonogiri, Yogyakarta, dan Kediri.

  • Putera Mulya
    Alamat: Jalan Raya Ngadirojo Kidul, Wonogiri, Jawa Tengah
    No. Telepon: 0812-1368-0000
    Harga tiket: Rp210.000—Rp225.000


    Fasilitas: AC, toilet, TV LCD, reclining seat, ruang merokok, kompartemen bagasi, USB port, kudapan, selimut dan bantal, makan dan minuman.
  • Sinar Jaya
    Alamat: Jalan Cikedokan, Cibitung, Bekasi, 17530
    No. Telepon: (021) 8832 55502
    Harga tiket: Rp170.000—Rp300.000

    Fasilitas: AC, TV, nomor kontak darurat, toilet, reclining seat, selimut, USB port, air mineral.
  • Harapan Jaya
    Alamat: Jalan Mayor Sujadi 23 A, Tulungagung, Jawa Timur
    No. Telepon: (0355) 321620
    Harga tiket: Rp290.000


    Fasilitas: AC, TV, musik, selimut dan bantal, reclining seat, lampu baca, ruang merokok, kudapan, air mineral, charging point.

Ingin menyaksikan prosesi Jumat Agung Paskah di kota-kota tersebut? Agar lebih hemat, pesan tiket bus liburan Good Friday Anda lewat redBus saja. Dengan situs web maupun aplikasi redBus, Anda bebas memilih jadwal bus dan tempat duduk sesuai kebutuhan. Pembayaran tiket via redBus juga dijamin aman karena sistemnya online melalui internet banking. Bahkan, redBus selalu memberikan promo khusus dan diskon terbaik yang menjamin liburan Good Friday Anda makin nyaman. Dengan redBus, liburan Good Friday Anda kini menjadi lebih nyata.

Top Rute yang bisa kamu pesan selama libur Jumat Agung dengan redBus