Isra Mi’raj

Cari Tiket Bus

(Opsional)

Isra Mi’raj

Isra Mi’raj adalah peristiwa dua perjalanan spiritual Nabi Muhammad yang ditempuh dalam waktu satu malam. Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha. Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad dari bumi menuju Sidratul Muntaha di lapisan langit ketujuh. Arti Isra Miraj sangat penting bagi umat Islam karena dalam peristiwa ini terdapat perintah menunaikan salat lima waktu. Kisah Isra Miraj dimuat dalam Al-Qur’an, tepatnya Surah al-Isra. Selain itu, kisah Isra Miraj juga terdapat dalam hadis Nabi Muhammad SAW.

Sejarah

Kisah Isra Miraj dipercaya terjadi pada bulan Rajab, tepatnya malam tanggal 27 Rajab. Atas perintah Allah SWT, Nabi Muhammad bersama Malaikat Jibril melakukan dua perjalanan dalam satu malam dengan mengendarai sejenis makhluk yang sangat cepat bernama buraq. Perjalanan pertama, yang disebut Isra, dilakukan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Yerusalem, Palestina. Perjalanan kedua, yang disebut Mi’raj, dilakukan dari Masjidil Aqsha menuju Sidratul Muntaha di langit ketujuh. Dalam perjalanan ke Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad bertemu dengan beberapa nabi, misalnya Nabi Ibrahim dan Nabi Musa. Sesampainya di Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad bertemu Allah dan menerima perintah salat lima waktu. Perintah inilah yang menjadi hikmah Isra Miraj dan arti Isra Miraj sesungguhnya bagi umat Islam.

Setiap tahun, Isra Mi’raj menjadi salah satu peristiwa penting yang diperingati umat Islam dengan banyak cara, termasuk pada Isra Miraj 2021 atau Isra Miraj tahun 2021 mendatang. Umat Islam biasanya mengadakan pengajian, beribadah malam di masjid, dan berkumpul sambil menceritakan kisah Isra Miraj kepada anak-anak untuk merenungi hikmah Isra Miraj itu sendiri. Selain itu, banyak tradisi unik dalam merenungi arti Isra Miraj yang diadakan di berbagai negara Muslim, termasuk Indonesia.

Kota-Kota Penting

Banyak kota di Indonesia memiliki tradisi perayaan Isra Mi’raj unik yang dapat disaksikan pada Isra Miraj 2021 atau Isra Miraj tahun 2021 mendatang. Beberapa di antaranya:

  • Cirebon: Tradisi unik yang menjadi simbol dan arti Isra Miraj di Cirebon adalah Rajaban. Masyarakat biasanya berziarah ke makam Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan, dua penyebar agama Islam di Cirebon, yang terletak di Plangon. Rajaban juga digelar di Keraton Kasepuhan Cirebon berupa pengajian dan pembagian nasi bogana, yaitu nasi berbumbu kuning yang berisi kentang, telur ayam, parutan kelapa, tahu, dan tempe.
  • Semarang: Masyarakat Kampung Sirawak di Semarang mempunyai tradisi unik penuh arti Isra Miraj bernama Nyadran. Tradisi ini diawali dengan membersihkan makam leluhur, lalu berdoa yang dipimpin oleh kiai. Selanjutnya, diadakan pengajian di Masjid Baitul Muslimin Sirawak.
  • Temanggung: Warga Desa Wonoboyo di Temanggung mengenal tradisi perayaan Isra Mi’raj disebut Khatam Kitab Arjo. Tradisi ini dilakukan setelah salat Isya dan tahlil singkat, lalu diikuti pembacaan Kitab Arja. Kitab ini berisi kisah Isra Miraj dalam huruf Arab Pegon atau berbahasa Jawa yang ditulis oleh K.H. Ahmad Rifa’i al-Jawi.
  • Magelang: Tradisi unik penuh arti Isra Miraj yang diadakan masyarakat Magelang adalah Ambengan. Tradisi ini merupakan makan bersama yang dilakukan warga sebagai bentuk rasa syukur atas hikmah Isra Miraj. Sebelumnya, makanan tersebut diletakkan di daun pisang yang disusun sejajar dan memanjang. Lalu, setiap orang akan menyantap makanan beralaskan daun pisang tersebut.
  • Yogyakarta: Masyarakat Yogyakarta mengenal tradisi Rejeban Peksi Buraq yang telah diadakan di Keraton Yogyakarta sejak ratusan tahun yang lalu. Buraq yang berbentuk burung ini merupakan simbol kendaraan Nabi Muhammad dalam kisah Isra Miraj. Pada pelaksanaannya, dua buraq yang terbuat dari kulit jeruk Bali dibawa oleh abdi dalem dari Bangsal Kencana Keraton Yogyakarta menuju Masjid Gede Kauman. Kedua burung itu diletakkan di atas gunungan berisi buah-buahan yang dibagikan setelah pengajian selesai.

Operator Bus

Agar liburan Isra Mi’raj 2021 Anda di kota-kota tersebut makin nyaman, berikut ini beberapa operator bus yang membuka rute ke Cirebon, Semarang, Temanggung, Magelang, dan Yogyakarta.

  • PO Safari Jaya Mandiri
    Alamat: Jalan Salatiga-Solo (Soekarno-Hatta KM 5), Argomulyo, Salatiga, Jawa Tengah 50736
    No. Telepon: (0298) 314743
    Harga Tiket: Rp147.000
    Fasilitas: AC, sandaran tangan, USB port, reclining seat.

  • PO Haryanto
    Alamat: Jalan Kiai Mojo No. 107, Panunggangan, Kota Tangerang
    No. Telepon: (021) 539987
    Harga Tiket: Rp220.000
    Fasilitas: AC, TV, reclining seat, selimut dan bantal, kudapan, USB port.

  • PO Santoso
    Alamat: Jalan Soekarno-Hatta No. 22, Tidar Utara, Magelang, Jawa Tengah
    No. Telepon: (0293) 363715
    Harga Tiket: Rp185.000,00—Rp200.000,00
    Fasilitas: AC, TV, toilet, bantal, reclining seat, kudapan.

  • Sumber Alam
    Alamat: Jalan Pangeran Diponegoro No. 164, Kutoarjo, Purworejo 54212
    No. Telepon: (0275) 641018
    Harga Tiket: Mulai dari Rp200.000,00
    Fasilitas: AC, reclining seat, USB port, TV.

  • Sinar Jaya
    Alamat: Jalan Cikedokan, Cibitung, Bekasi, 17530
    No. Telepon: (021) 8832 55502
    Harga Tiket: Rp170.000,00—Rp300.000,00
    Fasilitas: AC, TV, nomor kontak darurat, toilet, reclining seat, selimut, USB port, air mineral.

Kesimpulan

Agendakan liburan Isra Miraj tahun 2021 Anda bersama redBus. Dapatkan banyak penawaran menarik dan diskon khusus untuk liburan Isra Miraj 2021 Anda melalui situs web maupun aplikasi redBus. Anda bebas memilih tempat duduk sendiri dan jadwal jauh hari sebelumnya sesuai kebutuhan. Bahkan, Anda bebas memilih titik keberangkatan dan penurunan sehingga liburan Isra Mi’raj 2021 makin nyaman. Pembelian tiket melalui redBus dijamin aman karena pembayarannya online lewat ATM, internet banking, atau gerai minimarket mitra seperti Alfamart.

Jadi, pesan tiket Anda dengan redBus sekarang, dan wujudkan liburan Isra Miraj 2021 yang penuh kedamaian!

Top Rute yang bisa kamu pesan selama libur Isra Mi’raj dengan redBus