Hari Kemerdekaan Indonesia

Cari Tiket Bus

(Opsional)

Hari Kemerdekaan Indonesia

Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal istimewa bagi seluruh warga negara Republik Indonesia. 17 Agustus 1945 merupakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada hari merdeka 17 Agustus dilaksanakanlah upacara bendera di berbagai tempat, mulai dari Istana Presiden sampai di berbagai sekolah dan kantor di seluruh Indonesia. Upacara 17 Agustus yang disiarkan di TV juga telah menjadi tradisi yang telah melekat di hati rakyat Indonesia. Tak ketinggalan, 17 Agustus merupakan hari libur nasional yang menyediakan waktu bagi berbagai perayaan penuh tradisi rakyat.


Sejarah

Perayaan hari merdeka 17 Agustus biasanya dilakukan dalam bentuk berbagai lomba yang memiliki beragam hadiah menarik dan unik. Jenis lomba 17 Agustus bermacam-macam, ada lomba panjat pinang, balap karung, tarik tambang dan bahkan lomba makan kerupuk. Yang menarik adalah tidak diketahuinya siapa pelopor lomba 17 Agustus tersebut. Konon tradisi lomba tersebut dimulai sekitar tahun 1950an. Saat itu, Hari Kemerdekaan Indonesia tak lagi harus diperjuangkan secara militer. Sebagai ungkapan rasa gembira terhadap kemerdekaan itu, rakyat memulai beragam lomba tersebut. Berbagai lomba 17 Agustus itu pun dianggap memiliki nilai-nilai positif seperti ketangkasan, strategi, gotong royong dan permainan tanpa permusuhan. Dalam kata lain, perayaan hari kemerdekaan Indonesia mewakili jiwa dan semangat bangsa Indonesia.


Kota-kota Penting

Tradisi unik untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa kota yang bisa dikunjungi saat Hari Kemerdekaan adalah:


  • Jakarta: Upacara 17 Agustus yang dilakukan pada pagi (pengibaran bendera merah putih) dan sore (penurunan bendera merah putih) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, adalah salah satu acara utama pada perayaan 17 Agustus. Selain itu, pada hari libur nasional ini, para wisatawan dapat berkunjung ke berbagai bangunan dan tempat bersejarah di ibukota untuk menikmati berbagai perayaan.

 

  • Bogor: Bogor dimeriahkan oleh pesta rakyat yang digelar untuk perayaan 17 Agustus. Pada 2019, pesta rakyat tersebut digelar di Kampung Ciharashas, Bogor Selatan, dan dihadiri oleh wali kota Bogor. Terdapat suatu lomba 17 Agustus yang menarik di pesta tersebut, yaitu lomba gebuk bantal. Untuk Hari Kemerdekaan Indonesia 2020, Bogor mengadakan Festival Merah Putih yang akan dilakukan secara virtual.

  • Yogyakarta: Yogyakarta pun memiliki tradisi menarik untuk perayaan 17 Agustus. Selain kotanya sendiri yang pernah menjadi ibukota negara RI pada tahun 1946–1950, ada tradisi pengibaran bendera merah putih di laut dan di sungai. Tahun 2019 lalu pengibaran ini dilakukan di Pantai Baron dan Sungai Winongo. Kedua upacara ini digelar masing-masing oleh SAR Satlinmas Gunung Kidul dan Forum Komunikasi Winongo Asri.

  • Semarang: Masyarakat Semarang merayakan 17 Agustus dengan sebuah tradisi unik. Pada malam hari tanggal 17 Agustus diadakan lomba lari estafet dengan membawa obor di sekeliling jalur yang sudah ditentukan. Tradisi ini kerap dilakukan untuk perayaan tidak hanya hari kemerdekaan tapi juga hari jadi kota Semarang. Sudah lebih dari 30 tahun tradisi ini dilakukan.


Operator Bus


Berikut adalah operator-operator bus yang menyediakan perjalanan ke empat kota penting di atas.


  • Pahala Kencana
    Alamat: Jl. Gading Bukit Raya Blok C No. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara
    No. Telepon: (021) 4517375
    Harga Tiket: mulai dari Rp 150.000
    Fasilitas: kursi yang bisa direbahkan, toilet, TV LED, hidangan prasmanan, kudapan, Wifi, colokan baterai HP, smoking area (tergantung kelas).
  • Santoso
    Alamat: Jl. Soekarno-Hatta No. 22, Tidar Utara, Magelang, Jawa Tengah
    No. Telepon: (0293) 363715
    Harga Tiket: mulai dari Rp 160.000
    Fasilitas: AC, toilet, kursi yang bisa direbahkan dan ruang gerak luas.
  • Sinar Jaya
    Alamat: Jl. Diponegoro 75, Tambun, Bekasi
    No. Telepon: (021) 8833 6059 / 0812 1284 777
    Harga Tiket: mulai dari Rp 105.000
    Fasilitas: AC, kursi dengan sandaran lengan dan kaki, bantal, selimut, makanan, colokan USB, toilet, GPS dan CCTV.


Banyak keuntungan yang bisa didapat dari memesan tiket bus untuk berwisata ke kota-kota penting yang merayakan hari merdeka 17 Agustus di atas. Kemudahan memesan tiket dari situs web atau aplikasi redBus membolehkan Anda untuk memilih tempat duduk, jadwal dan titik keberangkatan yang diinginkan. Pembayaran pun aman melalui internet banking atau ATM. Berbagai partner operator bus yang bergabung dengan redBus juga memberikan banyak pilihan perjalanan bagi Anda. Segera pesan tiket Anda melalui redBus.id dan selamat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia!

Top Rute yang bisa kamu pesan selama libur Hari Kemerdekaan dengan redBus