Hari Buruh

Cari Tiket Bus

(Opsional)

Hari Buruh

Di Indonesia, Hari Buruh atau Labor Day kerap “dirayakan” dengan demonstrasi para buruh. Hari Buruh Internasional ini bertepatan dengan tanggal 1 Mei sehingga disebut pula May Day. Di kota-kota besar Indonesia, ribuan buruh menyerukan perbaikan hak-haknya melalui aksi unjuk rasa. Di Jakarta sendiri, sekitar 100 hingga 200 ribu buruh dari berbagai kawasan industri di Jabodetabek berkumpul dan berdemonstrasi di Istana Negara, Monas, hingga Bundaran Hotel Indonesia pada Hari Buruh atau Labor Day secara rutin. Sejak 2014, Hari Buruh atau Labor Day telah ditetapkan sebagai hari libur nasional. Jadi, Anda dapat memanfaatkan momen Hari Buruh Nasional 2021 mendatang dengan liburan.


Sejarah


Setiap tahunnya, tanggal 1 Mei diperingati masyarakat dunia sebagai Hari Buruh Internasional atau Labor Day. Pada awalnya, 1 Mei merupakan momen pergantian musim yang dirayakan oleh masyarakat kuno Eropa selama ribuan tahun. Tanggal 1 Mei dikenal sebagai Hari Buruh Internasional atau Labor Day karena peristiwa Haymarket, sebuah demonstrasi besar yang dilakukan para buruh di Amerika Serikat pada abad ke-19. Untuk mengenang peristiwa tersebut, 1 Mei pun ditetapkan sebagai Labor Day. Sementara itu, Hari Buruh Nasional atau Hari Buruh Indonesia menjadi hari libur yang selalu diwarnai “tradisi” demo buruh. Hal ini menyebabkan kemacetan di jalan-jalan utama kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya pada Hari Buruh tersebut.


Kota-kota Penting


Demi menghindari demo dan keramaian Hari Buruh, ada baiknya Anda memilih travel singkat ke tempat-tempat yang relatif sepi pada liburan Hari Buruh Nasional 2021 mendatang sebagai berikut:


  • Bogor: Kota yang terletak 180 kilometer dari ibu kota Jawa Barat, Bandung, ini menawarkan banyak destinasi wisata populer seperti kawasan Puncak, Taman Safari Indonesia, hingga Kebun Raya Bogor. Selain itu, jangan lupa mencicipi kuliner khas Kota Hujan di Jalan Suryakencana. Semuanya bernuansa alam khas pegunungan sehingga menjadikan liburan Hari Buruh 2021 Anda penuh ketenangan.

  • Sukabumi: Terletak 120 kilometer di selatan Jakarta, Sukabumi telah dikenal memiliki objek wisata yang lengkap sebagai referensi liburan Hari Buruh 2021 Anda. Mencari ketenangan di pantai? Anda dapat mengunjungi Pantai Ujung Genteng dan Pelabuhan Ratu di selatan. Jika ingin menikmati indahnya pegunungan, datangilah Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, Situ Gunung, atau Geopark Ciletuh.
  • Garut: Kota yang berlokasi di sebelah tenggara Jakarta dan timur Bandung ini terkenal sebagai penghasil dodol yang rasanya manis nan lezat. Dari Pantai Santolo, Situ Bagendit, hingga Gunung Papandayan, semuanya dimiliki Garut yang beriklim sejuk sehingga layak Anda kunjungi untuk mengisi liburan Hari Buruh Nasional tahun depan atau Hari Buruh 2021.
  • Wonosobo: Berlokasi 120 kilometer dari Semarang, Wonosobo memiliki destinasi wisata unggulan hingga mancanegara: Dataran Tinggi Dieng. Menyaksikan matahari terbit di Gunung Prau hingga indahnya Candi Arjuna membuat liburan Hari Buruh Nasional 2021 Anda terasa mengasyikkan di kota yang juga terkenal dengan kuliner Mie Ongklok-nya ini.
  • Malang: Kota yang populer dengan objek wisata Gunung Bromo dan Apel-nya ini ternyata menyimpan destinasi wisata menarik, lho. Dari Jatim Park hingga air terjun Coban Rondo, Malang yang berjarak 95 kilometer dari Surabaya ini memang terkenal karena kesejukan udaranya yang cocok Anda sambangi saat liburan Hari Buruh Indonesia tahun depan.

Operator Bus

Sebagai referensi liburan Anda pada Hari Buruh Nasional 2021 mendatang, berikut ini beberapa operator bus yang membuka rute ke Bogor, Sukabumi, Garut, Wonosobo, dan Malang.

  • Cinta Trans
    Alamat: Jalan Raya Kedung Halang No.76, Bogor Utara, Bogor, Jawa Barat 16158
    No. Telepon: 0821-2621-3134
    Harga tiket: Rp115.000
    Fasilitas: AC, reclining seat, colokan USB, hand rest.
  • Siliwangi Trans
    Alamat: Jalan Terusan Sutami No.45, Sukajadi, Bandung, Jawa Barat, 40162
    No. Telepon: (022) 84468648
    Harga tiket: Rp95.000
    Fasilitas: AC, reclining seat, air mineral.
  • Karunia Bakti
    Alamat: Jalan Guntur Sari, Terminal Guntur, Garut 44151
    No. Telepon: (0262) 540929
    Harga tiket: Rp83.000—Rp107.500
    Fasilitas: AC, reclining seat, TV, ruang merokok, musik, charging point, lampu baca.
  • 3 Bintang Shuttle
    Alamat: Jalan S. Parman No. 32, Wonosobo Timur, Wonosobo, Jawa Tengah 56311
    No. Telepon:
    (0286) 321589
    Harga tiket: Rp80.000
    Fasilitas: AC, reclining seat, musik, hand rest.
  • King Travel
    Alamat: Jl. Ronggolawe No. 30–31, Malang, Jawa Timur 65126
    No. Telepon: (0341) 335858
    Harga Tiket: Rp180.000
    Fasilitas: AC, reclining seat, USB port.

Peringatan Hari Buruh Indonesia memang sering menimbulkan kemacetan dan kepadatan. Namun, jangan khawatir! Anda dapat menikmati Hari Buruh Nasional 2021 mendatang dengan liburan bersama redBus. Jelajahi kota-kota terdekat dengan destinasi wisata terbaik dengan bus dan dapatkan tiketnya melalui aplikasi maupun situs web redBus. Agar liburan Hari Buruh makin nyaman, Anda bebas memilih kursi dan jadwal sendiri sesuai keinginan. Dapatkan pula promo dan diskon menarik dari redBus sehingga tiket perjalanan liburan Hari Buruh Nasional Anda ekonomis dan fantastis!


Tunggu apalagi? Pesan tiketmu untuk liburan Hari Buruh Nasional 2021 mendatang. Bersama redBus, liburan pun makin tenang.

Top Rute yang bisa kamu pesan selama libur Hari Buruh dengan redBus