Galungan

Cari Tiket Bus

(Opsional)

Galungan

Rahajeng nyanggra rahina Galungan lan Kuningan!


Itulah ucapan hari raya Galungan lan Kuningan atau selamat Hari Raya Galungan yang setiap tahun selalu dirayakan umat Hindu Bali. Galungan merupakan hari raya yang diperingati setiap 210 hari atau 6 bulan sekali dalam penanggalan Bali. Galungan dan Kuningan dimaknai sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan). Umat Hindu Bali percaya bahwa pada hari Galungan, roh leluhur kembali ke dunia sehingga harus disambut dengan doa dan persembahan. Pada tahun ini, Hari Raya Galungan 2020 atau Galungan 2020 dimulai dari 16 September hingga 26 September. Selama masa Galungan Bali, terdapat rangkaian prosesi dan ritual yang menarik minat wisatawan untuk berlibur sekaligus merasakan khusyuknya Hari Galungan.


Sejarah


Galungan pertama kali dirayakan pada tanggal 15 tahun 804 Saka atau 882 Masehi. Perayaan Galungan dan Kuningan ini berkaitan dengan kisah Raja Mayadenawa di Bali. Mayadenawa merupakan raja kejam dan sakti yang akhirnya dikalahkan oleh Dewa Indra. Kemenangan Dewa Indra atas Mayadenawa inilah yang menjadi simbol pertarungan kebaikan atas keburukan pada Hari Raya Galungan dan Kuningan. Bagi masyarakat Bali, Galungan menjadi momen mengendalikan hawa nafsu atau kala, yaitu Kala Amangkurat (nafsu berkuasa), Kala Dungulan (nafsu ingin merebut milik orang lain), dan kala Galungan (nafsu menghalalkan segala cara). Sementara itu, Kuningan menjadi momen untuk introspeksi diri.


Di Bali, Galungan biasa diperingati dengan persembahyangan dan memasang penjor atau janur kuning berisi persembahan. Umat Hindu juga akan menyembelih babi dan memasak nasi kuning sebagai santapan khas Galungan Bali. Umat juga akan bersilaturahmi ke rumah tetangga dan sanak saudara ketika hari Galungan Bali. Seperti halnya Lebaran, Galungan juga menjadi masa liburan dua minggu yang panjang bagi murid sekolah di Bali. Oleh sebab itulah, menikmati liburan Galungan Bali tentu menjadi hal yang tak boleh dilewatkan.


Kota-kota Penting


Meskipun suasana Galungan 2020 atau Hari Raya Galungan 2020 ini agak berbeda karena pandemi, setiap tahunnya Galungan dirayakan dengan tradisi unik di beberapa tempat, seperti:


  • Bali: Perayaan Galungan Bali berlangsung meriah serta diramaikan banyak tradisi unik di penjuru Bali. Di Klungkung, ada tradisi Perang Jempana berupa arak-arakan tandu (jempana) berisi sesajen untuk Dewata sambil saling dorong antarwarga dalam kondisi tidak sadar. Di Tabanan, ada tradisi Gerebeg Mekotek berupa aksi simulasi peperangan menggunakan kayu-kayu panjang antarkelompok warga sebagai simbol menolak bencana. Selain itu, ada pula atraksi Ngurek berupa penusukan benda-benda tajam ke dalam tubuh sendiri yang dilakukan dalam kondisi kebal dan tidak sadar, serta Ngelawang Barong untuk mengusir roh jahat dan melindungi diri dari wabah penyakit.
  • Malang: Hampir sama dengan Galungan Bali, kemeriahan ucapan selamat Hari Raya Galungan lan Kuningan serta selamat Hari Raya Galungan juga diperingati masyarakat Tengger di Gunung Bromo. Umat Hindu Tengger merayakan Galungan setiap 210 hari sekali di Wuku Galungan sebagai hari untuk memberkati desa, air, dan masyarakat. Perayaan Galungan Tengger pun identik dengan barikan: satu upacara biasanya dilakukan tiap 35 hari sekali atau setelah bencana seperti gunung meletus, gempa, atau gerhana.
  • Jakarta: Seperti tahun-tahun biasanya, umat Hindu di Jakarta merayakan hari Galungan 2020 dengan bersembahyang di Pura Aditya Jaya, Rawamangun. Seperti halnya Lebaran, umat Hindu Jakarta yang terdiri atas beragam lapisan masyarakat ini saling berkenalan, bersilaturahmi, dan memberikan ucapan selamat Hari Raya Galungan lan Kuningan.

Operator Bus


Ada beberapa operator bus membuka rute ke Bali dan Malang, misalnya:


  • Lorena
    Alamat: Jalan K.H. Hasyim Ashari Dalam No. 15, Gambir, Jakarta Pusat
    No. Telepon: (021) 6341166
    Harga tiket: Rp650.000
    Fasilitas: AC, TV, selimut, bantal, toilet, ruang merokok, reclining seat, personal TV, USB port.

  • Medali Mas
    Alamat: Jalan Taman Tenaga Baru, Malang, Jawa Timur 65126
    No. Telepon: (0341) 485023
    Harga tiket: Rp310.000,00—Rp330.000
    Fasilitas: AC, TV, selimut, bantal, reclining seat, air mineral, kudapan, lampu baca, USB port.

Hari Raya Galungan 2020 akan menjadi momen tak terlupakan yang sayang Anda lewatkan. Sayangnya, karena pandemi yang sedang beralgnsung Hari Raya Galungan 2020 dan liburan Galungan 2020 harus agak diredam kemeriahannya. Tapi hal ini tidak berarti Anda tidak dapat menikmatinya.


Rencanakan saja perjalanan bus untuk liburan Galungan 2020 dengan mudah dan nyaman melalui situs web atau aplikasi redBus. Setiap operator bus yang tergabung dengan redBus memerhatikan protokol keamanan dan kesehatan selama pandemi. Anda bebas pilih jadwal dan tempat duduk sendiri sesuai kebutuhan travel Hari Raya Galungan 2020 Anda. Dapatkan juga kemudahan dan jaminan keamanan transaksi tiket melalui redBus yang bersistem online dengan beragam metode pembayaran, misalnya ATM dan internet banking. Bahkan, redBus selalu memberikan diskon khusus yang menjamin tiket bus Anda tetap hemat sehingga liburan Hari Raya Galungan 2020 Anda pun semakin bersahabat.


Dengan redBus, liburan Galungan 2020 makin nyaman, dan bersiaplah mengucap selamat Hari Raya Galungan!

Top Rute yang bisa kamu pesan selama libur Galungan dengan redBus